Sudah berlangganan artikel blog ini via RSS Feed?

Thursday, November 06, 2008

Kompas.Com meluncurkan Blog Kompasiana Versi Beta

Akhirnya Media Kompas tidak tahan juga dengan deru dan gegap gempita blogger di Indonesia dengan meluncurkan blog yang diberi nama Kompasiana dengan alamat http://kompasiana.com pada tanggal 22 Oktober 2008 yang lalu. Kompasiana sendiri diambil dari nama kolom pendiri Harian Kompas PK. Ojong.
Mungkin sengaja diluncurkan untuk menyambut dan mempersiapkan keikutsertaannya pada acara Pesta Blogger ke 2, yang dijadwalkan akan digelar pada 22 November 2008 ini. Namun tidak diketahui apakah ada kaitannya terhadap tanggal yang sama yakni tanggal 22.

Kompasiana versi beta yang didominasi warna biru ini merupakan jaringan blog jurnalis Kompas. Blog Kompasiana ini juga sudah di link/dikaitkan ke dalam Kompas.com, sehingga selain bisa secara langsung membuka alamat Kompasiana yang disebutkan di atas, pengunjung ataupun blogger bisa mencari alamatnya di Kompas.com. Blog ini didukung oleh 73 penulis dimana 5 diantaranya adalah guest blogger yang diundang khusus menulis di Kompasiana dan sebagian besar merupakan jurnalis Harian Kompas. Namun jika para pembaca atau anda para blogger ingn menjadi penulis di Kompasiana harus menyebutkan identitas yang jelas dan bukan anonim. Ini mungkin terkait dengan “pembayaran” yang mungkin ada (?) sebagai apresiasi dari karya tulis anda.

Kompasiana menjadi media alternatif baru yang mengarah menjadi media independen karena keberagaman dan keleluasan setiap penulis dalam menyampaikan pikiran, gagasan, serta pengalamannya dan yang pasti menurut saya tetap dalam koridor, etika dan estetika jurnalis atau kode etik jurnalis, karena membawa payung Kompas.com.
Dan seperti di dunia blogersphere Indonesia, blog Kompasiana ini juga mendekatkan penulis dengan para pembacanya. Karena pembaca bisa langsung memberi komentar terhadap tulisan atau postingan para penulis/jurnalis dan mungkin saja akan menjadi salah satu acuan dan tempat pembelajaran bagaimana menulis yang baik dan benar juga menarik bagi pembacanya.

Salam blogging.

Sumber : sebagian dari Harian Kompas, Kamis 23-10-2008 halaman 13, & dan pemikiran sendiri.



0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 

About Me

My photo
Jakarta, Jakarta Timur, Indonesia
Yong Batak Bond, Administrator dari blog inkribs, blog hhk-Pondok Indah, blog TerminalBlog, website inkribs.org, kelola.web.id. Prinsip Hidup :"Setiap Upaya/Usaha Yang dilakukan dengan Sungguh-sungguh dan dengan keringat dan airmata, pada akhirnya akan menghasilkan sukses yang tak ternilai oleh harta apapun di dunia ini"